30 April 2014 18:44:28
Ditulis oleh Admin

Karang Taruna Desa Hargoretno

Saat ini banyak warga masyarakat yang memandang Karang Taruna sebagai wadah untuk pemuda yang belum menikah saja. kegiatannya hanya berhubungan dengan olahraga dan ngumpul bareng saja. Dengan ketidaktahuan ini menyebabkan Karang Taruna nyaris hilang. Dalam AD/ART Karang Taruna, yang diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonsia No : 83 /HUK / 2005 ditetapkan di Jakarta pada tanggal 27 Juli 2005 yang ditandatangani oleh Menteri Sosial Republik Indonesia Bp. H. Bachtiar Chamsyah, SE, disebutkan bahwa

BAB 1 pasal 1 tentang Ketentuan Umum "Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial”

BAB 3 pasal 2 tentang tugas Karang Taruna menyebutkan bahwa “Setiap Karang Taruna mempunyai tugas pokok secara bersama-sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya"

Pengetian dan tugas Karang Taruna dalam ADART nya mmemberikan pencerahan kepada kita ternyata peran Karang Taruna bukan hanya masalah remaja saja, tetapi lebih dari itu, dan menyangkut kesejahteraan sosial. Karang Taruna memiliki tugas dan peran sebagai solusi dari masalah sosial, melibatkan anak-anak, remaja, pemuda dan orang tua.

Berikut adalah Nama- nama penggerak Karang Taruna di Desa Hargoretno :

  • Ketua                :  AFIF MAULANA SUWANDI
  • Sekretaris       :  SUGIANTO
  • Bendahara      :  WADIK
  • Anggota            :    * TUR WAHYUDI         * DANI            * MANTO         * CUCUK INDRAYANA

                                             * SUMARNO                     * HERUN      * UDIN               *IKWAN

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus